no comments

Asupan Gizi Selama Trimester Pertama Kehamilan

Masa 3 bulan pertama kehamilan merupakan masa penyesuaian tubuh Anda dari tidak hamil menjadi hamil. Asupan Gizi Selama Trimester Pertama Kehamilan sangat dibutuhkan. Jika kurang kadang-kadang kondisi ini membuat Anda merasa tidak nyaman.

Meski sejak awal kehamilan Anda harus lebih memperhatikan konsumsi makan, namun tak perlu “panik” makan dengan porsi dua kali lipat dari biasanya. Karena, kebutuhan asupan gizi selama trimester pertama kehamilan ini hampir sama dengan kondisi sebelum hamil,yaitu sekitar 2200 Kalori (kilo kalori). Untuk memenuhinya, calon ibu yang sudah memenuhi kebutuhan kalorinya, cukup makan lebih banyak atau mengurangi aktivitas fisiknya dengan mengenali wajah sehat dan cara merawatnya.

Di dalam tubuh Anda, janin sedang giat-giatnya melakukan pembelahan sel untuk membentuk berbagai organ tubuh. Pada usia kehamilan 8 minggu, ia mulai membentuk cikal bakal janturg dan otak. Tampak pula tonjolan calon tangan dan kaki pada kedua sisi tubuhnya. Semua proses ini membutuhkan energi dan berbagai zat gizi penting, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Sesuai dengan tahapan janin pada trimester pertama yang sedang menjalani proses pembentukan otak, sistem saraf, jantung dan organ-organ reproduksi, maka ada beberapa asupan gizi selama trimester pertama kehamilan yang harus dipenuhi dengan baik antara lain:

Asupan Gizi Selama Trimester Pertama Kehamilan

kehamilan trimester pertama

Asam lemak esensial

seperti asam lemak omega-6 dan asam lemak omega- 3. Asam lemak omega-6 dapat diperoleh melalui bahan makanan nabati dan produk olahannya, seperti minyak kedelai atau minyak zaitun. Sedangkan asam omega3 terutama terdapat pada ikan laut yang berdaging tebal (seperti ikan salmon, sardin, kembung,tuna dan tenggiri), dan ikan air tawar (seperti ikan tawes). Secara umum, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi bahan-bahan makanan nabati dan ikan yang mengandung omega 3 ini sebanyak 2-3 kali dalam menu makannya seminggu.

Asam folat

Salah satu jenis vitamin B ini berperan besar dalam proses pembentukan sistem saraf pusat, termasuk otak. Sumbernya antara lain kacang kedelai dan produk olahannya (tempe, tahu), serealia yang sudah difortifikasi dengan asam folat, sayuran berwarna hijau tua, jeruk, apel, dan avokad.

Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B6 (Piridoksin), dan vitamin B 12. Vitamin-vitamin ini membantu melepas energi dari protein. Yaitu membantu menjaga kerja sel-sel sumsum tulang belakang, sistem saraf dan saluran pencernaan serta membantu kelancaran pembentukan sel darah merah. Sumbernya antara lain telur, keju cheddar, kentang, pisarg, tahu, dan tempe.

Vitamin C

Vitamin ini membantu penyerapan zat besi yarg berasal dari tanaman (kacang-kacangan, buah, serta sayuran), meningkatkan penyerapan asam folat, mengurangi risiko pre-eklampsia, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sumbernya antara lain jeruk, kiwi, dan jambu biji.

Oleh karena itu pentingnya kita menjaga asupan gizi selama trimester pertama kehamilan serta perawatan wajah. Semoga kehamilan Anda bisa berjalan dengan baik.