Cara Beli Expired Domain dengan Harga Termurah

Posted on

Menghabiskan waktu selama berjam-jam atau bahkan seharian untuk mencari dan beli expired domain tentu akan membuat Anda frustrasi. Sebab, banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli. Namun jangan, khawatir, karena ada solusi terbaik untuk memiliki nama expired domain terbaik.

Setiap hari ada ratusan hingga ribuan nama domain yang dilepas oleh registar. Bahkan tak jarang ada nama domain bagus yang tak lagi ada pemiliknya. Alih-alih mencoba mencari nama domain baru untuk situs Anda, mengapa tidak menelusuri ribuan domain populer yang sudah kedaluwarsa itu?

Proses Kedaluwarsa Domain

Pada saat seseorang membeli dan mendaftarkan nama domain, sebenarnya mreka tidak benar-benar menjadi ‘pemilik’ domain tersebut. Melainkan mereka seperti membayar sewa untuk jangka waktu tertentu. Biasanya berkisar antara satu tahun hingga lima tahun setelah domain diaktifkan.

Ada banyak alasan mengapa pemilik domain tidak melanjutkan ‘kontrak’ mereka sehingga domain menjadi kedaluwarsa. Ketika domain telah dilepas kepemilikannya, maka domain tersebut akan memasuki beberapa fase, sebelum akhirnya bisa tersedia lagi untuk publik.

  • Registar mengirim notifikasi kepada pemilik bahwa domain telah kedaluwarsa.
  • Biasanya pada 2 hingga 40 hari, domain masih memasuki masa tenggang.
  • Apabila tidak kunjung diperpanjang, maka domain akan dilelang.
  • Jika tidak ada yang membeli di lelang tersebut, maka domain akan kembali ke registar.
  • Domain kemudian dirilis lagi untuk publik,

 

Cara Beli Expired Domain

Expired domain terkenal dengan harganya yang mahal. Tetapi, sebenarnya Anda bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah. Ada teori mengatakan bahwa semakin awal Anda mendapatkannya, maka semakin mahal harganya. Jadi apa saja yang kiranya bisa dilakukan agar bisa beli expired domain dengan harga terjangkau?

1. Mengajukan Penawaran

Apabila ada sebuah domain yang benar-benar Anda inginkan dan masih dimiliki oleh seseorang, Anda bisa membelinya sebelum masuk ke pasar lelang. Caranya adalah dengan mengajukan penawaran kepada pemiliknya.

Sebab, biasanya ada pemilik domain yang mendaftarkan domainnya ke daftar jual. Biasanya ini memang membutuhkan cukup banyak uang, tetapi tergantung bagaimana Anda bernegosiasi. 

Untuk menemukan domain yang dimaksud, gunakan alat gratis dari DomainTools.com. Pastikan apakah domain yang Anda inginkan tersebut masih tersedia atau tidak. Misalnya Anda tertarik dengan domain agedomain.com, lalu saat mengunjungi domain tersebut, tertulis informasi bahwa domain tersebut dijual.

Biasanya domain-domain yang dibeli untuk dijual seperti itu adalah domain premium. Memang dibeli untuk dijual lagi demi keuntungan yang signifikan. Meski harganya mahal, tetapi tidak selamanya semahal yang Anda bayangkan. 

2. Membeli di Lelang Domain

Opsi berikutnya adalah membeli di lelang domain. Ada sejumlah situs web yang dapat Anda gunakan untuk mencari expired domain yang dapat dibeli lagi. Tetapi, biasanya ada lebih dari satu orang yang ingin memiliki kembali domain tersebut. Ya, memang seperti itu bukan cara kerja lelang?

Untuk menemukan expired domain yang baru saja kedaluwarsa, gunakan salah satu dari beberapa situs berikut ini.

  • ExpiredDomains.net

Dengan alat gratis yang disediakan di situs ini, Anda bisa beli expired domain dengan kriteria yang spesifik. Gunakan filter untuk mempersempit kriteria domain mulai dari peringkat Alexa, nama yang lebih pendek, backlink, dan lain-lain.

Setelah menemukan domain yang diinginkan, klik ikon menu di sebelah kana dan pilih penyedia layanan yang menjual domain tersebut. Situs ini merupakan yang paling populer untuk mencari nama domain kedaluwarsa.

  • DropCatch.com

Opsi kedua adalah DropCatch, situs pencarian berbasis teks sederhana yang memungkinkan Anda menemukan daftar nama expired domain yang tersedia untuk dimiliki kembali

Anda dapat melihat ada banyak tawaran yang sudah ada untuk domain tertentu, dan berapa banyak waktu yang tersisa sebelum domain dilelang. Siapa cepat dia dapat.

  • FreshDrop

Secara fungsi, FreshDrop juga sama halnya dengan ExpiredDomain.net atau DropCatch. Kegunaannya adalah untuk menemukan nama domain kedaluwarsa atau yang sudah masuk ke tahap lelang. 

Kelemahannya adalah karena basis data di sini lebih sempit daripada situs serupa lainnya. Tetapi kelebihannya adalah domain yang terpilih adalah domain pendek dan bagus. Filter yang dapat dipilih antara lain apakah domain masih terindeks Google, terdaftar di Dmoz, jumlah backink, dan sebagainya.

  • NameJet

Ketimbang melakukan penawaran untuk sebuah nama domain premium, Anda bisa mencarinya di NameJet. Situs ini layaknya sebuah eBay untuk nama domain. Basis datanya memang terbatas, tetapi pilihan domain yang tersedia adalah nama-nama premium. 

Akan ada informasi tentang jumlah penawar. Dan orang yang menawar dengan harga tertinggi bisa memenangkan lelang. Di sana juga ada jenis domain yang belum masuk tahap lelang, melainkan masih pre-release. Anda bisa menunggu sampai masa pelelangan dimulai, kecuali hanya Anda satu-satunya penawar untuk domain tersebut.

 

3. Membeli Dropped Domain

Langkah termudah untuk beli expired domain adalah yang sudah melewati tahap lelang, karena domain hanya ‘duduk’ di sana sambil menunggu ada yang membelinya. Pilihannya memang lebih terbatas tetapi Anda masih dapat menemukan beberapa domain bagus yang mungkin terlewatkan oleh orang-orang.

ExpiredDomain.net juga bisa digunakan untuk menemukan dropped domain. Caranya, cukup klik tautan Dropped Domains di halaman utama, lalu temukan daftar lengkap semua domain yang tersedia.

Agar memperoleh informasi lebih lengkap, harap lakukan register terlebih dahulu. Dengan begitu Anda dapat melihat database lengkap termasuk domain yang baru saja kedaluwarsa.

 

Penutup

Expired domain harganya memang berbeda dengan fresh domain, bahkan mungkin bisa berkali-kali lipat. Tetapi, yang jadi masalah sebenarnya bukan itu. Dengan investasi dana kecil pun Anda bisa menemukan nama domain kedaluwarsa yang tepat.

Beberapa cara di atas bisa menjadi solusi untuk beli expired domain dengan harga yang lebih terjangkau di domain-aged.com. Tetapi Anda harus ingat, bahwa keberhasilan sebuah situs tidak hanya tergantung pada domain. Domain hanya bagian kecilnya saja, selebihnya adalah konten yang ada di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *